Thursday, May 28, 2015

Air Terjun Sumber Pitu Pujon

Perjalanan ke sumber 7 hari minggu kemarin benar-benar melelahkan dan sangat tak terduga. seperti yang aku tulis kemarin di air terjun watu lumpung aku sebenarnya hanya ke cangar saja, cuma karena belum buka wisata air terjun watu lumpungnya aku mencoba ke pujon. nah saat itulah aku nekat kesana tanpa petunjuk yang jelas asal lewat saja sampai tersasar aku gak tau. merasa gak enak aku lihat di internet lokasi coban sumber pitu ini. akhirnya aku muter-muter dan bertanya ketemu juga. tips buat yang mau kesini bawa minuman yang banyak soalnya jalannya mendaki sangat panjang jadi perlu minuman untuk melepas dahaga karena kelelahan. dan juga sandal/sepatu yang mumpuni untuk pendakian karena jalannya extreme. sangat asik buat para pecinta alam untuk menaklukan jalan ke sumber pitu pujon ini.

jadi buat yang belum pernah kesan ini ada sedikit petunjuk semoga bisa gampang kelokasi coban pitu. dari batu menuju ke pujon lurus saja sampai ada patung sapi dan petunjuk ke coban rondo. teman-teman bisa memilih 2 jalan. yang pertama bisa masuk ke jalan yang ada di gambar itu lurus (ada bangunan seperti rumah yang di bawahnya jalan masuk menuju desa). nah bisa lewat situ lurus sampai mentok dan belok kanan akan melihat jalan aspal nah itu belok kiri lurus terus

yang kedua, setelah patung sapi masih lurus sedikit mengikuti jalan dan bila ada belokan ke kiri masuk saja ikutin terus jalan itu

nah ada petunjuk seperti ini terus lurus terus (jalan 1&2)

sampai ada persimpangan jalan di gambar ini belok kiri saja & ada petunjuknya kok di sebrang kanan jalan

mulai masuk dusun tulungrejo dan bentar lagi sampai loket

akhirnya sampai keloket pembayaran tiket masuk dan parkir, setelah ini motor bisa di bawah ke parkiran di atas sana. dan ini akan menjadi perjalanan yang panjang dan tak terduga menuju lokasi air terjunnya.

helm bisa dititipkan disini kok kalau kuatir helm hilang diparkiran atas

nah ada persimpangan itu belok ke kanan, ada petunjuknya juga kok

kemudian lurus saja ada persimpangan ini

terus lurus di persimpangan ini

jalan banyak bebatuan jadi motor kocak semua nih. untung gak bawa motor besar

ada persimpangan lagi belok kiri saja, yang kanan untuk pejalan kaki yang hobi mendaki

terus lurus ikutin jalan dan petunjuk

belok kiri lagi sesuai petunjuk

lagi, belok kiri terus, masih panjang perjalanan hehehe

akhirnya sampai juga di perjalanan, aku kira sudah dekat tinggal jalan dikit tapi.....

pemandangan di jalan menuju sumber pitu saat jalan kaki ternyata indah juga

aku melanjutkan perjalanan yang ternyata diluar dugaan luar biasa jauhnya

belok kiri dari persmpangan ini

sampai disini capek banget kaki sudah lumpuh rasanya dan ternyata masih jauh

nah ada petunjuknya langsung saja belok kanan

aku sempat bingung ada persimpangan dan seakan menunjukkan ke kiri tapi karena ada orang lewat sebelah kanan aku ambil jalan ke kanan. ternyata benar ke kanan jalannya

makin menanjak saja jalannya aku sangat ngos-ngosan nih

kayaknya susah banget yang bikin jalan ini, gunung di bikin jalan secara manual seperti ini

akhirnya hampir sampai nih, turun kebawah. jadi baliknya agak sesau dan pegal nanti ^_^

istirahat saja dahulu kalau capek sebelum melanjutkan kembali perjalanan

perjalanan panjang kini mulai terobati saat melihat air terjun di depan mata. akhirnya lega sudah sampai. sebenarnya asik air terjunnya yang 1 ini tapi karena banyak pengunjung aku tidak bisa mengambil posisi yang bagus untuk pengambilan gambar

Sumber 7 mulai terlihat dari jauh

untuk mencapainya kita harus naik lagi jalan super extreme karena menggunakan rotan dan tampar untuk naiknya karena sangat curam tangganya. itupun harus gantian naik turunnya karena jalannya sempit

akhirnya sampai juga. lega rasanya, sayang terlalu banyak orang dan cahayanya kurang pas untuk pengambilan gambar yang sempurna jadi apa adanya seperti ini hasil fotonya

karena ternyata masih ada air terjun di atasnya lagi aku memutuskan kembali mendaki ke atas yaitu sumber 4 kata orang-orang. dari sini sudah terlihat indah pemandangannya.

setelah 5 menit mendaki sampai juga ke sumber 4 tapi aku lihat-lihat ternyata lebih dari 4 sumbernya

eh ada yang kefoto pas menoleh hehehehe.
 Aku minta seseorang untuk memfotoku dan beginilah jadinya ^_^ setelah itu turun, di sumber 4 juga terlalu banyak orang jadinya susah mengambil posisi yang bagus untuk fotoku =_=

setelah puas aku kembali turun dan perjalanan kembali. benar-benar perjalanan yang mengasikan ke sumber 7 pujon ini, perjalanannya yang mendaki lama bikin super capek lalu untuk mendekat ke air terjunnya juga extreme banget sangat menantang dan menyenangkan. aku sarankan buat para pengunjung menggunakan sandal yang bagus karena kalau sandal biasa bisa terpleset karena licin. satu lagi harus waspada penuh disini jalannya super extreme, sekali jatuh udah deh gak bisa cerita aku. kalau kalian yang hoby mendaki gak ada salahnya mencoba berkunjung kesini dijamin senang dan puas sangat cocok bagi pecinta alam nih. sampai jumpa di lokasi berikutnya.