Monday, January 30, 2017

Air Terjun Coban Supit Urang & temukan banyak air terjun rahasia di sekitarnya

beberapa minggu kemarin aku akhirnya bisa touring lagi. berhubung tetangga ada hajatan dan habis maghrib harus sudah di rumah ya aku ke tempat yang dekat-dekat saja akhirnya ya ke coban supit urang ini. berangkat jam 6 pagi bersama adik ipar malah lucunya sampai sana siang hehehehehe. karena terlalu santai, kalau terlalu menggebu si Vario yang gak kuat. masalahnya jalan licin ban si vario gak mau jalan jadinya. sampai cangar aslinya aku sempat agak santai foto-foto dulu tidak mau melewatkan pemandangan yang terasa indah di sana.  baru setelah itu lanjut ke Pujon. sampai pujon aku baru deh lihat petunjuk di internet, dan apesnya hp ketinggalan. ya harus tanya warga deh. jadi bila mau ke coban supit urang kita dari cangar ke Batu, tepatnya alun-alun lurus kebarat. setelah itu ikuti jalan besar terus sampai pasar buah Pujon. nah sebelum pasar buah itu kan ada jalan belok kanan. masuk saja kesitu dan ambil jalan yang paling besar dan ikuti terus sampai nanti ada petunjuknya. jangan sungkan tanya warga biar gak tersesat ya.

tipsku bila kesana jangan bawa motor sport fairing 150-250cc karena jalannya gak enak licin dan banyak batu yang bisa bikin body bagian bawah benturan dengan batu dan pecah. ya bawa motor bebek dan sport biasa saja kayak  CB150R/Vixion dan lainnya yang non fairing/balap. kalau motor bebek masih enak jalan pelan-pelan santai bisa libas jalan dengan mudah walau berboncengan, sport juga begitu. tapi kalau matic kalau bisa jangan bawa matic, kalau gak ada motor lain ya gak apa-apa asal gak berboncengan bila sudah ketemu jalan ekstrim. kalau berboncengan di jalan ekstrim di jamin deh sampai kerasa bau gosong pada motornya dan harus berhenti daripada ada yang rusak. hal itu seperti yang aku alami. aku terlalu pede, naik ke bromo tanjakan tajam saja di libas, jalan kayak gini masa gak bisa? aku lupa ban si vario kan licin jadi susah jalannya dan baban over jadinya sampai bau gosong dan mengeluarkan asap, akhirnya aku berhenti sejenak biar dingin lagi baru jalan. iya kalau beraspal atau jalan kering, menanjak & kayak macam-macam jalan makadam yang sulit pasti bisa di lewati, kalau kena jalan licin dan menanjak plus ada batu ya nyerah dia hehehehehe.

kelemahan si Vario 125/150 ya itu tadi pada bannya buat jalan ekstrim licin jadi gak mau jalan. kalaupun jalan ya pelan-pelan biar bisa lewat, itupun agak maksa. kalau dengan jalan yang tingkat kesulitannaya sama tapi kering ya di libas deh. kalahnya di jalan licin saja, selain itu buat offroad ya lumayan padahal bukan motor penggaruk tanah. tipsnya bawa matic ke coban supit urang ya gampang saja, ikuti jalan sampai ketemu dimana susah jalan motornya ya harus berhenti bila berboncengan. kemudian ya salah satu berjalan satunya lagi mengendarai motor sampai lokasi. jangan kuatir walau harus seperti itu soalnya gak bisa lari kencang motornya jadi gak bakal tertinggal dengan yang naik motor. pelan-pelan pasti sampai deh. kalau rombongan bawa matic banyak ya enak kan jalan kakinya banyak temannya. kalau gak mau memaksakan motor bisa juga titipkan di warga sekitar yang di sawah. aku saja titipkan motorku takut gak kuat jalannya padahal aslinya ya kuat. ya kasihlah uang seikhlasnya bila sudah selesai dari coban supit urang. tapi kalau terus ya gak apa-apa soalnya di sana juga ada tukang parkirnya dan ada matic yang bisa lewat.

ya kuncinya itu tadi, motor matic bila sudah ketemu jalan ekstrim jangan boncengan, jalan pelan pelan di ikuti yang jalan kaki sampai tujuan. jangan kuatir gak terlalu jauh kok. lebih enak lagi ya mending jalan kaki dari rumah warga sebelum sampai tempat menuju coban supit urang. titipkan saja di situ mungkin juga bisa. jalan kaki rame-rame gak begitu jauh kan ya tetap asik kan hehehehehe. oke lanjut ya.

awalnya jalan agak licin seperti ini, tapi Vario masih kuat dan tangguh melibasnya.

nah setelah agak licin bgini ada jalan yang di tempelin batu biar enak di lewati, bawa matic masih enak di sini.

setelah itu sangat licin, roda motor matic biasa gak bisa ngatasin jadi roda muter gak mau jalan bila beban terlalu berat. ya masih jalan pelan aku terusin sampai kerasa bau gosong. ternyata kepanasan ini beban berat dan jalan licin mesinnya minta di istirahatkan, asap kelaur dari mesinnya. yang bikin sulit saat berjalan di gambar atas dan masuk jalan yang membekas roda itu bila di masukin motor matic akan makin sulit jalan.

akhirnya berhenti sejenak mendinginkan mesin motor dulu. sambil nunggu dingin makan cemilan dengan adik ipar.

nah jalan kayak gini di lewati matic ya susah banget kan. dapat di pastikan bagian bawah motor sering menghantam batu dan bunyi keras berkali-kali. kita harus berjuang untuk sampai. sampai sini sudah dekat dan ternyata overheat lagi nih soalnya aku buat boncengan motornya di jalan sulit ini. kalau saja ban kayak motor trail bisa di libas dengan mudah. kembali dinginkan motor. yang awalnya berangkat pagi biar gak terlalu rame ya berhenti berkali-kali agar mesin motor gak kepanasan.

panas lagi panas lagi. duduk duduk duluh deh

duduk sambil makan cemilan asik juga di jalan coban supit urang. pemandangannya hijau nan indah dan hawa dingin kerasa di tubuh benar bener sensasi yang menyenangkan.

suasananya benar-benar menyenangkan di sini, sejuk dan sensaai nyaman kerasa.

jalan terus ekstrim sampai mendekati tempat parkirnya. aku takut overheat lagi mesin si vario ya aku titipkan warga yang bertani di sana. sementara aku jalan kaki ternyata gak begitu jauh.

perjalanan dengan jalan kaki di mulai, untungnya sudah gak begitu jauh dari pintu masuk coban supit urang.

walau gak begitu jauh tapi cukup nguras tenaga, sampai berkeringat aku. setelah itu baru deh kelihatan parkiran motor di coban supit urang ini.

akhirnya sampai lokasi coban supit urang. di sana gak ada pungutan biaya masuk, gratis tapi cuma bayar parkir motor saja.

oke, dari banner tadi aku melanjutkan perjalanan yang gak begitu jauh untuk menuju coban supit urang. coba lihat ke semua arah, pasti kelihatan indah. bentang alamnya sungguh indah dan menyenangkan.

dulunya tempat ini ada kayak toilet dan loketnya dekat banner masuk tadi, sepertinya di buka untuk kemping dulu. dan entah kenapa jadi sepi dan fasilitasnya terbengkalai. padahal asik buat nginep soalnya alamnya indah dan asik banget suasananya, susah di jelaskan dengan kata-kata.

asik kan pemandangannya.

nah di sana ada tangga buat naik ke coban supit urang yang lebih besar. aku sempat naik kesana dan akhirnya balik di tengah perjalanan takutnya ada apa-apa soalnya berdua saja gak ada pengunjung sama sekali. ya kami memutuskan balik saja dan cuma berfoto-foto ke coban supit urang pertama saja.

airnya jernih banget hihihi dingin pula.

setelah lumayan lelah berjalan akhirnya ketemu juga coban supit urangnya. gak pakai lama adik ipar langsung berpose hehehehehehe.

mode low speed tapi masih kurang sepurna karena gak ada tripod susah fokusnya. apalagi DSLR yang aku bawa si D7100 lensa landscapenya error bila cahaya terang seperti ke bromo dulu. ya apes, minta di service ini lensanya.

seperti kataku dulu, aku hadirkan gambar yang biasa saja dan yang low speed.

berpose dia hehehehe

berfoto dulu di coba supit urang ini, cuma foto pemandangan terus foto diri sendiri gak ada ya gak lengkap jadinya.

suasana sepi begini enak bisa eksplor sepuasnya. sayang aku gak bisa milih spot yang asik saat itu karena ada perasaan yang mengganjal entah apa itu. sayang banget pokonya.

air dingin dan segar yang gak akan pernah aku lupakan di coban supit urang ini seperti di coban-coban lainnya. sayang gak bisa eksplor air terjun yang ada di dekatnya karena terlalu beresiko ber 2 sendiri menuju lokasinya. kamipun nyoba nyari tempat asik lainnya yang aman deh. kalau saja rame kan enak banyak air terjun yang bisa di tuju.

bentang alamnya indah dan entah sensainya beda. buat yang suka petualang aku anjurin datang kesini walau terlihat gak begitu besar air terjunnya, tapi indah. selain itu bentang alamnya juga  sip banget kok, jadi gak nyesel saat kesana. untuk yang kesana naik mobil aslinya bisa tapi jalan kakinya lumayan jauh, tapi ya gak jauh-jauh amat kok. dan yang paling menyenangkan bagi yang suka petualangan sejati ada air terjun rahasia di sana. memang di internet banyak beredar ada 2 air terjun lagi di sana, 3 termasuk coban supit urang yang besar di atasnya, tapi kata bapak yang menjaga motorku ternyata ada 5 lagi air terjun yang indah di atas sana. bila mau mengunjunginya ya berangkat malam beramai-ramai dan nginep di rumah warga dan minta tolong di anter ke 5 air terjun rahasia itu di pagi hari. jadi pagi berangkat bisa sampai seharian menikmati keindahan 5 coban rahasia lainnya ya pasti puas. bapak itu kadang begitu, di mintai tolong anak-anak muda yang ngin berpetualang nganter ke 5 coban itu. ya bapak ini gak mematok tarif, kasilah sepantasnya untuk jasanya mengantar kesana. nanti nama orangnya aku update soalnya lupa, tanya adik ipar dulu yang inget hehehehe.

di tengah jalan hujan jadinya aku berteduh di tepat pemakaman. ada makan pahlawan. mari do'akan beliau agar lebih tenang di sana.

beteduh sambil memikirkan tujuan berikutnya, waktu masih ada soalnya sayang kalau di lewatkan. oke sampai di sini dulu perjalananku berikutnya. my trip its my life!