Sunday, January 1, 2017

Air Terjun Coban Rais

Perjalanan kali ini aku ke tempat dekat-dekat saja karena tidak ingin terlalu malam pulangnya, jadi aku ke Batu saja mumpung ada air terjun yang belum aku kunjungi. kebetulan kan aku ingin bawa si Akame ke cangar lagi, jadi sekalian. berangkat jam setengah 7 pagi aku baru sampai di sana sekitar setengah 10an. memang lama kalau bawa akame sampai jam segitu, tapi berhubung gak terlalu jauh ya santai saja aku gak lari kenang-kencang.

Sampainya di Cangar ya aku sempat foto-foto juga, seperti biasa di titik-titik yang viewnya indah. baru setelah itu aku lanjut lagi ke Coban Rais. bahasan lengkapnya saat ke cangar mungkin besok aku bikinin sendiri ya hehehehe. setelah lewat cangar aku sampai alun-alun batu dan di sana aku lihat GPS saja. apesnya GPS hpku saat itu sedang error, untung si adik gpsnya fungsi, jadinya aku pakai hp itu. setelah sempat sedikit kesasar aku akhirnya mulai menemukan jalannya. gak lama kemudian sampai di kawasan coban rais dan parkirkan motor diparkiran.

tiket masuk kawasan Coban Rais hanya Rp.7500 saja, motor parkirnya cuma Rp.3000. ini sudah murah meriah karena tamannya luas buat camping luas. selain itu fasilitasnya juga lengkap.

nah masuk deh, motor mulai aku parkirkan dan siap melakukan perjalanan.

fasilitas di sini cukup lengkap, ada tempat duduk bila ingin istirahat setelah ke coban rais (gambar atas), toilet juga ada gratis gak ada pungutan biaya (gambar bawah).

selain itu ada sebuah panjatan untuk menikmati kesejukan dan suasana di area coban rais dari atas pohon.

nah pada gambar di atas ada spanduk/banner bertuliskan segera di buka taman wisata bunga "Batu Flower Garden". ternyata gak segera, saat lewat sudah di buka walau bunganya belum maksimal tumbuhnya soalnya masih baru di bangun. walaupun begitu pengunjung yang datang banyak banget soalnya cocok buat foto-foto sama keluarga dan teman/pacar hehehehehe.

enaknya lagi tempat duduk nyaman dan luas di tempat pedagang makanan di wisata Coban Rais ini. apalagi harganya itu gak mahal, harga sama standard sama dengan di toko-toko emperan di dekat rumah, padahal di tempat wisata lain harga biasanya naik minimal 50%, di wisata coban rais ini gak ada kenaikan, semua murah meriah, patut di acungi jepmpol. sudah nyaman dan luas tempatnya, harganyapun gak mahal. sangat jarang yang seperti ini.

oke aku lanjut ke air terjunnya

Wisata Coban Rais ini makin di tingkatkan infrastrukturnya, ini saja keadaan di perbaiki terus.

nah inilah batu flower garden yang aku bilang tadi, bisa di lihat sudah mulai ada pengunjung. mungkin pengunjungnya gak seberapa, tapi saat pulang penuh sesak, apalagi yang mau foto dekat situ, ruame poool.

menyusuri jalan setapak menuju coban rais, ambil jalan kanan/lurus

sampai di sini pemandangan kelihatan lumayan indah, tapi jangan senang dulu, masih panjang perjalanannya ke coban rais karena memakan waktu 1 jam-an jalan kaki kurang lebih.

ada air mengalir, jernih sekali, menambah keasikan suasana di sini.

setelah jalan biasa saja, kini mulai melewati jalan yang agak sulit karena menyebrangi sungai kecil yang bisa bikin trpleset karena licin bila gak hati-hati. akan banyak sungai kecil yang akan kita lewati untuk menuju coban rais ini. gamabr di atas adalah yang pertama.

tuh ada lagi, masih banyak sekali sungai kecil ayng harus di lewati.

khusus di sungai yang ini jalannya super licin. baik memakai sandal akan licin karena batunya kena lumpur, di injak pasti terpleset karena agak miring ke sungai, lepas sepatu atau sandal malah makin licin, sangat bahaya kalau gak hati-hati bisa kejebur dan basah semua deh hehehehe. jadi gak ada plilihan lain selain melompat jauh, gak bisa selain gak melompat. saranku yang lincah biar maju duluan, nanti setelah sukses melompat baru lainnya ikutan sambil di bantu di tarik dengan tangan bila gak sampai tempat yang gak licin. sebenarnya bisa di sebelahnya di lewati, tapi kata adik kalau buat turunnya saat kembali enak, tapi kalau berangkat naik susah lebih bahaya. jadi bawa anak kecil di sini sangat gak rekomendasi saat musim hujan gini karena amat lincin di jalan yang ini, jalan yang paling menantang ini.

perjalanan terus berlanjut tanpa henti, aku memandang kesana-kemari pemandangannya indah sekali.

memang di tengah perjalanan banyak spot indah untuk di jadikan obyek foto bersama, jadi gak heran banyak sekali foto-foto di tengah jalan.

di sini juga aslik sebenranya bila buat foto-foto. untuk menuju coban rais ya naik ke sebelah kiri

nah ini, sebelah kiri air terjun mini tadi untuk lewat ke coban rais.

gak kerasa sudah berapa lama aku berjalan, masih belum sampai juga ^_^

rintanan demi rintangan telah aku lewati, sampai akhirnya ada orang bilang " mas sidah dekat, semangat mas" aku bilang thanks bro. wah dekat, lanjut terus deh.

nah ada dua gambar  yang sama aku foto dengan mode berbeda. gambar 1 (di atas) biasa saja, gambar 2 (di bawah) mode low speed. memang kelihatan indah mode low speed. sayang gak bawa tripod jadi kurang masimal hasilnya. tapi bila ingin  mendapat gambar natural seperti apa adanya gak nipu biar kelihatan lebih indah, aku lebih suka yang biasa karena dapat gambar apa yang seperti kita lihat. kalau low speed kan kesannya kayak di edit biar tambah indah. tapi menjepret foto indah merupakan kepuasan, jadi aku ambil 2 mode, antara low speed dan standard hehehe. mau yang apa adanya punya, yang lebih bags juga ada ^_^.

akhirnya, sampai juga setelah melakukan perjalanan lumayan jauh 1 jam perjalanan. ake langsung menuju lokasi.

nah sampai juga. sampai sini pemandangan air terjunnya kelihatan asik karena gak banyak orang.

tapi saat mendekat ternyata sudah banyak orang hehehehe. wah gak bisa ekspos keindahannya secara maksimal nih. maklum liburan natal ruame banget, sampai ada yang nginap jadi belum ada yang datang sekalipun pagi-pagi sudah ada orang karena dari kemarin datang yang nginep.

anak-anak di foto atas ini pulangnya bareng, nanti kami bahu membahu saling tolong menolong melewati jalaan kembali yang licin hehehehe. gak nyangka di bantu anak-anak. solidaritas tinggi ini hehehehehe.

spot di sini kelihatan indah

asik foto-foto gak kerasa makin ramai, akupun memutuskan pulang saja. ternyata di perjalanan makin banyak yang datang. aku herannya dengan luas yang gak terlalu, tapi pengunjungnya banyak jadi over kayaknya hehehehe. semoga saja tetap enjoy mereka.

aslinya cukup eksotik pemandangan air terjun coban rais walau gak terlalu luas wilayah air terjunnya, sayang saat kesana banyak pengunjung jadi gak bisa ambil foto indah secara maksimal.

tuh jalan balik di tempat yang aku bilang tadi,  banyak yang kesulitan lewat situ.

ke Coban Rais ini memang mengasikkan walau di lihat banyak orang biasa saja air terjunnya. menurutku ya memang banyak yang lebih indah, tapi bila di dekati langsung ya asik kok. lihat saat sepi pasti akan kelihatan keindahan secara maksimal air terjun coban rais ini. yang bikin paling seneng malah perjalanannya yang panjang dan  menantang. memang sih gak terlalu ekstrim, tapi jalannya yang panjang bikin sensasi asik tersendiri. benar-benar asik dan patut di kunjungi. saranku bila bawa anak kecil jangan pada musim hujan karena licin, orang dewasa saja kesulitan apalagi bawa anak kecil, kayaknya sulit banget. kecuali bawa anak-anak minimal SMP mungkin masih bisa, gak terlalu sulit, kan umuran anak SMP sudah mulai besar badannya. oke sampai jumpa di perjalananku berikutnya. my trip its my life.