Monday, September 4, 2017

Pantai Teluk Asmara, Sumenggung, Bangsong & Clungup - Malang

2 Minggu lalu aku touring sendiri ke Malang. awalnya bingung mau ke Coban Putri atau ke Pantai Bantol. ya aku mikir terus tanpa ketemu solusinya dan rencana cadangan ke pantai teluk asmara pun aku lakukan. nah saat itu aku mengontak adik ipar lewat WA dan gak bales, tumben sekali gak bales? aku ke rumahnya juga gak ada, kemana nih? si Casper alias ispar juga aku kontak gak bisa pagi, bsanya siang. lah kalau terlalus iang pulang sore dan ramai disana kan kurang enak. malahan anakku tercinta akan mencariku kalau terlalu malam pulangnya. jadi terpaksa banget aku berangkat sendiri. jam setengah 6 aku gas dari rumah dan sampai sana agak terlalu pagi. ya karena sendirian buat manuver ya lincah sehingga lebih cepat sampai tujuan.

sudah luamyan lama gak lewat sini dan saat lewat ada tulisan wana wisata pantai Sumenggung, Bangsong & Teluk Asmara. nah yang bikin aku bingung memang ada 3 pantai disini tapi aku amati dari dulu di pantai gatra tulisannya teluk asmara yang paling kiri pantainya sebelum pantai Clungup, tapi saat masuk pantai teluk asmara ini yang paling kanan kan tentunya teluk asmara. jadi mana yang pantai bangsong, Sumenggung dan Teluk Asmara aku gak ngerti. makanya di judul aku tulis jadi satu semua. tapi hanya ada 1 yang gak aku kunjungi dari pantai itu entah ayng mana, soalnya jalannya sulit, saat sudah sampai eh kok airnya tinggi buat masuk kesana di jalan yang sempit? gak mau aku masuk kesana sendirian takut ada apa-apa gak ada yang tau. jadi aku sementara minggir saja dulu ke pantai lainnya.

akhirnya sampai di pintu masuk pantai teluk asmara. memang sesuai dugaanku, tempat ini dulu gak ada. pihak pengelola pantai entah siapa pokoknya pemerintah malang mau repot-repot bikin jalan untuk ke teluk asmara dari jalan utama. dan itu gak rugi, setelah di bikin jalan pengunjung banyak, bahkan sampai camping segala kayak di pantai lainnya. tiket masuk cuma Rp.10.000 saja sudah dapat kenikmatan semua pantai bila mau jelajahi, dari teluk asmara smapai gatra dan pantai lainnya juga seperti 3 warna dan lainnya. motor juga kena biaya Rp.10.000. harga segitu sudah standard masuk pantai di daerah sini dan memang pantes dan murah melihat sulitnya bikin jalan disini tapi tetap bisa jadi dan dilewati untuk dinikmati wisatawan.

tuh kan jalannya di buat dengan cara menghancurkan batu kapurnya, ini gak mudah dan prosesnya pasti lama. tapi semua gak sia-sia, pantai indah ini dapat dinikmati jadinya.

nah saat perjalanan sini aku sambil berdo'a agar tidak hujan. masalahnya kadang cerah kadang mendung. kalau hujan ya sia-sia saja kan kesini. nah makanya jangan heran nanti kalau di fotoku ada foto saat keadaan mendung dan keadaan cerah soalnya cuacanya gak menentu, awan hujan mulai datang tapi kadang sinar matahari sesekali juga menyinari agak lama.

ditengah perjalanan ke Pantai Teluk Asmara aku melihat sebuah pemndangan indah. ya gak pakai lama aku abadikan lewat foto seperti gambar di atas. ternyata ada danaunya ya sebelum ke pantai. hal ini menambah keindahan pantai teluk asmara karena di jalan kita bisa melihat pemandangan danau yang indah di apit gunung-gunugn kecil yang menjadi nilai plus tersendiri berkunjung kesini.

mungkin banyak ikannya ya hehehehehe

oke lanjut ke perjalanan, parkiran sudah mulai terlihat.

akhirnya sampai nih ke parkiran. nah parkirannya ketat, jadi jangan kautir memarikirkan kendaraan di pantai teluk asmara ini. selain itu pengawas parkir dan petugas lainnya sangat ramah, ini juga menjadi nilai plus tersnediri 2 jempol pokoknya.

nah ada gapuranya segala nih ^_^

oke aku masuk ke kawasan teluk asmara. dari sini aku lemes karena cuaca mendung mau hujan takutnya gak bisa ambil gambar yang bagus karena cuaca gak memungkinkan. tapi alhamdulilah masih bisa. oke lanjut terus ya. apesnya algi karena touring sendiri aku abwa tripod, akhirnya tripd malah tertinggal di motor dan lap buat lensa camera juga ketinggalan =_=. dari gambar saja terlihat jelas cuacanya kayak mau hujan saja.

menuruni jalan paving dan ada bangunan di pinggir kiri jalan untuk berteduh atau istirahat dulu bagi pengunjung, atau sekedar menikmati suasana disana.

awalnay aku sangat bersemangat, lalu kaget eh disini sudah banyak yang camping. pasti rame ini pantai. padahal sudah berangkat pagi nih. tapi walau banyak pengunjungnya untungnya aku masih bisa ambil spot foto yang lumayan bagus.

akhirnya turun juga ke pantai, aku sementara ambil foto di sebelah kanan pantai karena masih sepi dan indah.

terlihat 2 orang sedang menikmati suasana di pantai ini. seperti yang aku bilan tadi memang pojok kanan pantai ini spotnya paling mantap, buat foto-foto atau selfi ya oke banget kok.

cuaca mulai mendung kembali setelah sempat agak cerah. di sebelah tengah dan kiri pantai ruame banget bisa di lihat di gambar. ini pengunjung yang nginep-nginep, jadi pagi sudah ada disini. sayang mereka gak bisa melihat sunset di pantai karena cuaca mendung.

seperti yang aku bilang tadi tripod ketinggalan, jadi gak bisa foto diri sendiri nih. untung ada orang tadi yang sedang asik menikmati suasana di pantai aku mintai tolong fotokan. dan ya syukur deh dia mau. setelah sempat ngbrol ternyata rumahnya dekat rumah si ispar hehehehe. masih tetangga ternyata sama-sama dari Sidoarjonya.

oke, puas kesplor ke sebelah kanan pantai aku mulai ke sebelah kiri. ini masih posisi di tengah keadaan mending begini.

sebelah kiri pantai

spot disini juga gak kalah indah, asik kok untuk dimikmati. gak rugi datang jauh-jauh kesini pemadangannya memang asik. ke pantai indah gak perlu jauh-jauh di Malang sudah cukup banyak hehehehehe.

sebenarnya foto disini aku ambil setelah dari pantai clungup jalan kaki. berhubung biar gak campur aduk aku jadikan satu saja yang sepantai aku upload 1 persatu baru pantai lainnya. suasana mulai sepi, mungkin mulai beranjak pulang. nanti siang pasti ramai algi, pengunjung yang berangkat pagi biasanya baru sampai siang hari karena perjalanannya jauh.

Pantai Berikutnya

setelah puas ke pantai yang pertama di teluk asmara, kini aku menuju pantai ke 2. disini menurutku juga sangat indah pantainya. jadi satu paket saat kesini. sekali masuk pantai indah dimana-mana.

disini gak seramai di pantai pertama tadi

dari sini sudah kelihatan pantai gatra.

aku zoom lebih dekat lagi.

aku malesnya ya lihat seperti ini. pantai yang indah di rusak oleh manusia itu sendiri. masa kotoran seperti ini di buang begitu saja se'enaknya. memang sih ada pengelola pantainya yang sering bersih-bersih, bukan berarti kita se'enaknya buang sampah kayak gini kan. sama saja memperlihatkan betapa gak punya tanggung jawab menjaga keindahan alam karunia Tuhan.

aslinya pemandangannya indah banget bila saat cuaca cerah, sayang mendung jadi aku memfotonya kurang maksimal. creatif asist dan auto dari canon gak mempan, karena hasilnya aprah saat itu di cuaca mendung begini. sehingga aku andalkan manual mode jadinya di mirrorles canon ini.

zoom lebih dekat.

banyak sampah alami di pojok kanan pantai ini, tapi gak masalah, ini sampah alami, di pandang mata jadi masih terasa natural.

sepinya pantai ini, sangat enak dinikmati suasana seperti ini di pantai teluk asmara.

wuih cuacanya makin gak karuan nih, semoga gak hujan. gerimis mulai terasa saat itu disini.

sepi nan indah, asik banget suasananya. ternyata brangkat apgi gak sia-sia amat hehehehe.

saat itu keadaan mendung, lalu ajaibnya tiba-tiba matahari muncul dan aku jepret antara mendung dan cerah keadaannya. gambar di atas pas mendung, gambar di bawah pas cerah ada sinar mataharinya.

melewati bebatuan untuk ke sebrang pantai aku melihat pemandangan yang indah.sayang pas mendung, gak mendung sangat indah dilihatnya.

nah pas cerah.

Pantai Gatra terlihat jelas disini. padahal kalau darisini kelihatan dekat, pas lewat belakang pantai jauh banget. jadi awas tertipu ya mau ke gatra dari Teluk Asmara kita harus lewati Clungup dulu, itu saja jauh. nanti dari clungup memutar ke kiri terus sampai ke tengah lalu baru gatra & Pantai lainnya.

nah kan, indah Pantainya saat cerah cuacanya. bahkan awan tidak terlihat di sebelah selatan. awan terlihat di sebelah timur, makanya kadang menutup matahari kadang tembus mataharinya.

minta tolong orang memfoto lagi hehehehe.

pantai ini indahnya karena terlihat landai, kadang ada kan pantai tapi curam karena ombak laut. yang dulunya landai jadi curam/tajam menurunnya.

oke, sekarang lanjut ke pantai selanjutnya lewat belakang pantai ini.

sampai disini nanti ada persimpangan ke pantai berikutnya atau ke pantai clungup. aku nyoba ke pantai berikutnya tapi terlalu sepi dan jalannya sempit, ombak besar menanti jadi aku mundur saja lalu ke clungup langsung yang lumayan jauh bila jalan kaki.

jalan masih panjang melewati pepohonan pisang.

di tengah perjalanan banyak banget kepitingnya. cuma pas kita lewat mereka pada kabur bersembunyi di sarangnya sendiri-sendiri.

Sampai Pantai Clungup

sampai deh di pantai clungup setelah jalan lumayan cukup jauh. disini entah kenapa suasananya enak banget rasanya walau sama-sama sepi seperti pantai teluk asmara tapi di hati lebih tenang rasanya, mungking gak ada ombak terus anginnya berhembus sepoi-sepoi ya.

airnya jernih tapi warnanya beda dengan pantai lain di sebelahnya karena gak kena ombak dan kena campuran air tawar di clungup mungkin ya.

nah kalau lewat jalan pantai clungup langung akan tembus disana, berhubung ini lewat teluk asmara jadinya tembus kanan pantai clungup. kalau pas air surut sih enak bisa nyebrang, kalau gak surut kayak gini mau ke gatra harus lewat bibir pantai dulu ya lumayan lama muternya hehehehe.

aku masih inget dulu disini sama adik, benar-benar tak terlupakan saat kesini dulu. ya kebetulan saja pas surut dan air datang pengalaman yang sangat langka dan gak semua orang bisa menyaksikannya. beruntung bisa melihat proses datangnya air dari laut ke pantai ini.

banyak sekali tumbuhan mangrove disini. memang aslinya hutan mangrove dijadikan wisata karena pemandangannya indah. ke'eksotisan pantai ini memang karena perbaduan pasir putih di pinggir pantai dengan pohon mangrove ini dan airnya yang datar gak ada gelombang.

kalian pasti bingung posisinya sama warna pasirnya beda. itu soalnya aku menggunakan 2 mode, pertama manual (gambar di bawah) kedua Crative Asist (gambar atas) dengan pengaturan vivid level 4 maksimal. karena itu beda. awalnya aku mau pakai cerative asist saja berhubung kadang terlalu gelap aku kadang pakai manual, karena itu kadang lokasi sama warna pantai beda. selain karena cuaca berubah-ubah ya karena itu yang menyebabkan warna apda pantai beda.

nah gambar ini juga.

kalau seperti ini kelihatan dangkal ya pantainya, padahal kalau di terusin ya lumayan dalam. buat renang sekeluarga asik seperti yang pernah aku bahas dulu.

pantai yang eksotis dengan nuasan yang gak wah tapi tenang.

setelah puas foto-foto aku memutuskan balik saja biar gak terlalu malam. sebenarnya ingin sih lanjut ke pantai lainnya, tapi kasian anak nunggu di rumah. jadi menikmati pemandangan dan mengabadikannya cukup sampai disini dulu. jadi bila ke pantai malang selatan aku sangat rekomedasi ke pantai ini. saat air ombak besar terlihat indah pantainya, kalau surut pasti juga akan berbeda nuasanya tapi tetap indah. 1 kali bayarnikmati banyak pantai dan petugasnya ramah-ramah, dijamin puas dan gak rugi deh.

oke, sampai jumpa ya di perjalananku berikutnya. my trip its my life!