Monday, November 2, 2015

Pantai Clungup

Hari minggu kemarin adalah touring terakhirku di tahun ini, mungkin tahun depan aku akan jarang melakukannya soalnya aku sudah memiliki bayi ^_^ jadi harus merawat extra dulu touring akan istirahat panjang hehehe. nah di touring terakhir ini aku memutuskan ke pantai clungup dan beberapa pantai lainnya. perjalanan panjang menantiku. aku gak panjang lebar cerita disini, hanya membahas pantai clungup saja soalnya akan aku buatkan kisah sendiri saat perjalanan terkahirku tahun ini.

berangkat pagi pukul 05.30 WIB  dari sidoarjo aku sampai disana sekitar pukul 08.30 WIB kurang lebih, soalnya gak bisa begitu cepat jalan mulai ramai di wilayah sitiarjo karena banyak yang mau berwisata ke pantai-pantai disekitar wilayah itu. untuk lokasinya cukup mudah pasti sudah banyak yang tau jadi aku tidak akan menjelaskan secara detail. seperti biasa kalau mau ke pantai ini cukup mengikuti petunjuk ke pantai sendang biru - goa china. nanti setelah sampai di pertigaan masuk ke kanan mengikuti petunjuk, disana sudah ada petunjuk ke pantai clungup kok, tinggal ikuti saja petunjuknya.

setelah sampai dan memparkirkan kendaraan kita menuju pengelola pantai clungup yang akan mendata barang-barang yang kita bawa yang menjadi sampah. seperti botol minum dan bungkus makanan akan di tulis berapa banyak untuk dijadikan catatan saat kembali akan di cek lagi. soalnya sampah yang di bawa harus kembali sesuai catatan, kalau sampai ada yang kurang akan dikenakan denda. hal ini dilakukan untuk melindungi / menjaga pantai agar tetap indah sampai kapanpun jadi gak sampai rusak. aku sangat acungi jempol pengleola pantai clungup yang memberlakukan peraturan ini soalnya kalau gak begitu lama-lama pantainya bisa kotor. kalau seperti ini kan pasti akan terus indah dan bisa dinikmati kapanpun. hal ini seharusnya juga diterapkan di pantai lainnya agar tetap indah pantainya.

setelah selesai kita cukup membayar Rp.5000 saja dan akan langsung masuk ke 3 pantai sekaligus karena berdekatan lokasinya, yaitu pantai Gatra, Clungup dan Teluk Asmara. 

 nah kini saatnya perjalanan menuju pantai clungup setelah menyelesaikan administrasi tadi. sepertinya mau di perbaiki kok banyak sertu kapur di jalan.
 
 ikuti saja jalan setapak yang ada, tenang gak menyiksa seperti perjalanan ke air terjun hehehehe



 nah setelah berjalan beberapa lama kita akan melewati tanaman mangrove, disini pemandangannya mulai asik 


 saat air surut jadi gak banyak air yang mengalir cuma beberapa sumber air tawar saja yang terlihat di gambar

 
nah mahluk kecil-kecil itu sebenarnya sejenis kepiting, kalau di lihat dari jauh seperti biji buah atau serangga 

 jalan terus sampai ada petunjuk ke pantai gatra, nanti ikuti jalan itu sampai ada persimpangan antara terus ke pantai gatra atau ke pantai clungup.

 nah ini petunjuknya, sudah dekat nih

 walau belum sampai pantai tapi kita sudah disuguhi pemandangan yang indah jadinya bertambah semangat menuju pantai clungup ini.

 nah sebelah sini mulai ada persimpangan, lurus terus sampai pantai clungup atau lurus dikit kemudian belok kiri ke pantai gatra

 

akhirnya sampai juga ke pantai clungup. awalnya aku sempat kaget kok airnya gak ada? seperti lautan pasir saja airnya sedikit. awalnya agak kecewa karena aku kira datang di waktu yang salah, tapi ternyta aku yang salah, karena aku akan menyaksikan momen yang indah di pantai clungup ini.


saat seperti ini memang terlihat kurang indah tapi saat air datang wah sangat menakjubkan rasanya saat menyaksikannya.

 jauh juga jaraknya nih menuju dekat air laut


 sebenarnya air yang mengalir ini bukan air laut melainkan air tawar yang berasal dari sumber, aku baru tau soalnya air ini ternyata menglir ke laut.







saat air belum datang banyak pengunjung yang asik bermain di dekat air laut.

 ada bekas akar pohon kelapa, berartu dulu pernah di tumbuhi pohon kelapa nih.

 banyak tumbuhan laut tercecer di tengah pantai yang belum terisi air ini menambah keindahan pantai clungup.


 aku mulai mendekat ke air laut, bekas gelombang ombak telhat di pasir, sunguh pemandangan yang indah.


 saat asik memotret gak kerasa airpun mulai datang dan mengisi pantai clungup secara perlahan tapi pasti.

 wiih jernihnya air lautnya.

 sekarang air tawar tadi akan terkilas air laut ^_^

 saat di sekitar sini pemandangan indah pantai clungup paling terasa, dan sangat cocok buat foto - foto atau selfi.


dari kejauhan terlihat banyak yang mandi, gak takut keseret air laut ya?




 setelah aku zoom ternyata dangkal airnya, sangat asik berenang disini, walau gak bisa renangpun bisa ke tengah dikit menikmati asiknya mandi di pantai clungup ini.







 akhirnya airnya mulai meninggi dan akupun akan segera kembali ke tepi pantai clungup.

 keindahan pantai clungup sangat terasa saat moment ini, saat air mulai mengisi bibir pantai clungup yang semula kering. aku sungguh takjub dan benar benar momen yang menyenangkan melihatnya.

 gak kerasa air mulai penuh dan meninggi, aku cepat-cepat keluar dari air, bukannya takut tenggelam soalnya dangkal tapi cukup untuk membasahi bajuku juga jadi segera bergegas


 nah airnya sudah memenuhi pantai clungup, keindahan pantai ini semakir terlihat.

nah yang unik sekaligus menarik pantai clungup ini gak terlalu dalam airnya. soalnya dataran pantainya mendatar dan luas namun terisi air laut, jadi buat pengunjung yang ingin mandi disini sangat - sangat aman daripada pantai lainnya karena pantainya gak menjorong ke laut tapi mendatar plus dangkal juga, jadi sekelurga bersama anak-anakpun sangat aman. bahkan di lokasi pantai clungup yang mendekati lautpun orang dewasa gak sampai tenggelam seperti gambar yang aku zoom tadi, jadi beneran ini pantai sangat rekomdasi kalau juga ingin berenang gak sekedar menikmati keindahan pantainya. setelah puas menikmati pantai clungup ini aku menuju pantai gatra, sialnya sandalku copot jadi kepanasan saat melangkah. sampai jumpa di perjalananku berikutnya di pantai gatra!

No comments: