Tuesday, June 14, 2016

Coban Jahe

Coban Jahe pasti bagi yang suka travel/touring tempat ini sudah gak asing, makin lama air terjun ini makin dikenal, akupun penasaran dan berangan-angan ingin menyaksikan sendiri keindahan air terjun Coban Jahe ini. akhirnya setelah sempat libur touring beberapa bulan karena istriku melahirkan anakku tersayang, kini aku kembali dan ke coban Jahe ini tentunya perjalanan pertamaku setelah sempat libur lumayan lama. sebenarnya aku awalnya mau ke pantai saja berhubung lagi ombak besar aku berpikir ulang keman enaknya ya? tentu joban jahe yang ada di angan-angan keluar dari kepala jadinya deal kesana. apalagi selain coban jahe ada air terjun lainnya yang dekat situ jadi asik, sekali dayung 2-3 pulau terlampaui hehehehe. dari rumah aku brangkat jam 6 kurang karena harus jemput sahabatku si casper alias si ispar yang biasanya toruing bersama.

sampai disana jam 6 lebih aku berangkat tancap gas dalam-dalam. akhirnya sampai disana kepagian jadi belum ada loket masuknya dan biaya parkir. ya terlanjur kesana ya masuk saja deh, ntar juga datang petugas parkir dan loketnya. tapi aku gak mau berlama-lama nunggu sementara aku jelajahi saja dulu coban jahe ini biar banyak waktu untuk ke coban satunya. menurutku petugasnya agak lama datang karena bulan puasa, biasanya bulan puasa kan sepi pengunjung jadinya mereka mungkin santai. sampai aku selesai foto-foto belum juga datang ya akhirnya ya kembali ke perjalanan berikutnya. hehehe dikejar waktu. berikut gambar-gambar yang dapat aku foto beserta sedikit penjelasan mengenai coban jahe ini.

sebelum masuk kawasan air terjun coban jahe kita akan melewati taman makam pahlawan kali jahe. karena makam inilah coban yang aku kunjungi dinamakan coban jahe. ya kalau bisa saat lewat sebelum melanjutkan perjalanan do'akan para pahlawan dulu yang membantu bangsa ini merdeka.

akhirnya sampai di ilayah wisata coban jahe

diperjalanan jalannya sangat licin apalagi ban yang mau habis/jenis bannya sport sangat mudah terpleset, jadi sangat hati hatilah saat lewat terutama motor matic bila jalan sedang basah begini.

tuh kan, aku sampai masih sepi banget, belum ada satupun orang yang datang. parkiran kosoeng gak ada petugas ataupun pengunjung.

sepi begini asik, aku bisa ambil gambar pemandangan coban jahe tanpa ada orang yang terfoto, jadinya bisa lebih bagus buat foto pemandangan. inilah asiknya touring di bulan puasa, syaratnya harus kuat nahan haus dan lapar lebih extra karena melakukan perjalanan saat berpuasa ^_^.

ternyata disini banyak fasilitas yang menunjang wisata coban jahe ini, apa saja? kita jelajahi saja ya ^_^

yang pertama tentu parkiran. parkirannya luamyan luas, mungkin biasanya ramai nih

karena belum ada tukang parkirnya aku parkir dekat tempat duduk saja sebelum aku tinggal motornya

nah bila ada yang ingin ditanyakan tentang coban jahe ini bisa ke pusat informasi ini. disana mungkin tersedia jasa mengantar ke coban yang tersembunyi dari informasi yang aku lihat di internet, entah tarifnya berapa. jadi gak coban jahe saja sebenarnya air terjunnya, masih ada lagi yang tersembunyi. bila kesana harus jalan kaki dan harus di pandu oleh pemandu jalan.

selain jadi pusat informasi, tempat ini juga mnyewakan peralatan arum jeram. tapi hanya bisa digunakan saat airnya mengalir deras. saataku kesini airnya gak begitu deras, jadi gak bisa buat arum jeram.

selain pusat informasi, di sebelahnya juga ada toilet, jadi gak perlu binging bila kebelet hehehe

mau sholat? jangan kuatir, gak perlu jauh-jauh diluar coban jahe, karena di wilayah sini sudah ada mushollanya kok.

nah yang terkahir yaitu warung, bila lapar setelah puas menikmati keindahan coban jahe bisa mampir bila perut lapar. atau sebelum menikmati pemandangan juga gak msalah kan perjalanan jauh biasanya kerasa lapar.

setelah keliling-keliling melihat kelengkapan fasilitas di coban jahe aku menuju ari terjunnya

club motor Byson ternyata peduli dengan keindahan coban jahe ini, makanya mereka memberi tulisan yang ditempel disini.

selain air terjunnya yang indah, nilai plus pada wisata coban jahe ini disekitar air terjun banyak tanaman bunga yang indah, hal ini mempercantik keindahan air terun coiban jahe. gambar bisa dilihat dibawah.

saat kesana kepagian, jadi kena backlight yang hasilnya jadi kruang maksimal nih >_<.

masih bersih air terjunnya, kalau begini kan asik. semoga gak ada yang mencemari keindahan coban jahe ini dengan baung sampah sembarangan.

si casper gak begitu bisa berexpresi saat difoto

nah banyak tanaman/tumbuhan bunga yang indah yang memperindah pemandangan sekitar coban jahe seperti yang aku bilang tadi

benar-benar pemandangan yang mengasikkan. kita memang harus bersyukur bisa tinggal di dekat tempat yang penuh pemandangan indah seperti ini.

perjalananku gak sampai dsini hari minggu kemarin, aku berencana ke coban siuk yang dekat dengan coban jahe. tapi sayang saat asik nikmati perjalanan dan sampai, jalannya begitu licin. kebetulan ban motorku agak gak cocok dengan yang jalan licin-licin jadi gak bisa kesana, kalau maksa takut terpleset jadinya aku batal. sudah menanjak licin, aku gas pool gak mau jalan super licin jadinya itu tadi back deh.

pemandangan ditengah perjalanan menuju coban siuk. sat terlihat ada orang selfi dan ternyata pemadangannya indah juga ya aku ikutan

si casper yang malu difoto saat ada orang

gunung dibelakangku mungkin gunung welirang/cangar yang sering aku lewati ^_^

ceritanya gak sampai disitu saja, saat perjalanan kembali aku sempat terpleset dan jatuh karena saat turun darin tanjakan ada lupur, kebetulan aku ngerem kan saat turun, jadi deh aku terpleset dan jatuh. aduh lumayan sakit ini badan. untung aku dan si casper memakai jaket dan celana tebal plus helm yang teropong kalau gak bisa rusak wajahku. ya aku bersyukur masih baik-baik saja cuma luka ringan. jadinya 2-3 pulai gagal terlampaui hehehehe. buat pelajaran bagi sahabat seklian bila menggunakan matic dan keadaan jalan turun harus lebih hati-hati. sampai jumpa di perjalnan berikutnya.