Monday, January 29, 2018

Back to Bromo dengan akame sensasinya asli mantap jiwa!

Akhirnya Risdiken berkesempatan ke Bromo lagi setelah tahun lalu habis kesana kurang puas karena hujan terus menerus. dan spesialnya si akame yang turun ke Bromo bersamaku, bukan si Vario karena kali ini bagian touring bersama RC25 clubku. aku sangat bersyukur bisa touring bersama akame ke Bromo, ternyata asik riding pakai akameke Bromo. asli sensasi ridingnya menyenangkan. gak capek, tapi cukup sensasinya bikin ketagihan riding bersamanya seperti yang pernah aku bahas saat toruing ke cangar akhir tahun bersama akame. awalnya aku enggan bawa akame ke Bromo, masalahnya banyak motor kampas koplingnya terbakar, aku takutnya gak bisa menghandle dan terjadi seperti itu jadi sangat kuatir membawa akame.

apalagi tanjakan di Pasuruan itu bila balum dari lautan pasir ekstrim, takutnya penyakit si akame jadi makin parah. tapi gak touring ya sayang momen bersama teman bisa terlewatkan dalam pikiranku. kapan lagi bisa seperti ini? teman-teman lainnya bisa kenapa aku gak? tujuan ikutan club selain mencari teman kan juga agar bisa touring bersama, jadi sudah tujuannya  kok malah gak ikut kan ya malah aneh hehehehehe. oke aku putuskan gas, bismillah saja deh. aku tau CBR250R saudaraku itu pernah nyangkut di lumpur lewat jalur Malang, jalur paling bersahabat bagi motor karena tanjakan gak terlalu ekstrim dan lebih cepat sampainya. karena nyangkut itu aku jadi takut seperti itu dan pikir bolak balik mau ikut apa gak, dan akhirnya ikut!

lho gak lewat Pasuruan saja bro? nah sebenarnya lebih cepat ketemu teman-teman lewat Pasuruan, tapi masalahnya sering ada masalah keamanan di jalan situ, teman pernah di berhentikan orang dan ada yang mau di begal, jadi enggan kesana sendirian. apalagi masih terlalu pagi, bayaha banget sendirian. pernah ada korban wanita di sana dengan wajah hilang karena di lempar petasan/bom bondet dan motornya di ambil, dan sering pokoknya pembegalan di situ apalagi Pasuruan terkenal City of Begal di dunia maya. banyak penuturan teman dekat dan orang lain yang serem-serem. bukannya mereka nakuti seperti yang aku tulis barusan, kenyataan memang begitu. karena itu lewat Pasuruan aku coret. 

lho kan touring club bareng bro? iya tapi mereka berangkat Malam, masalahnya gak bisa berangkat malam kan aku karena Istri dan anak gak mau aku tinggal malam-malam jadinya nyusul pagi harinya di tunggu disana. kalau agak lebih malam berangkatnya mungkin bisa nunggu si kecil tidur dulu dan istri tidur agak lama, sayang berangkatnya kurang malam karena sambil nginep di rumah Pak Ketu di sana. ya oke gak masalah nanti juga ketemu di Bromo. langsung deh tidur gak terlalu malam bisa bangun sebelum subuh gak ngantuk. akame panasin dan siap gas.

NB : agar gambar terlihat lebih jelas dan detail, click saja gambarnya untuk memperbesar full-Size. atau setelah baca semua gak ada salahnya di click biar full size nikmati gambar apa adanya dariku. asli mantap bro pemandangannya.

nah habi SHolat subuh akame aku panasin, setelah itu membeli nasi campur langganan yang pagi sekali sudah buka dan baru deh jam 5 pagi  pas berangkat dari daerahku. aku sudah siapkan jas hujan buat jaga-jaga bila nanti hujan, dan untungnya gak sampai hujan disana, cuma mendung saja.

ya aku gasnya gak terlalu kencang juga gak terlalu lambat karena terlalu kencang bahaya takut ada yang tiba-tiba potong jalan, soalnya aku hafal lokasinya di jalannya banyak yang begitu. ya pokoknya sampai deh. 2 jam pas aku sampai karena lumayan santai di malang perjalanannya karena berhenti sejenak sebelu lanjut beli beberapa perbekalan untuk di makan di sana takutnya gak ada makanan yang cocok dan gak makan deh.


2 jam pas sampai, dan situasinya sama seperti saat aku kesini dengan saudaraku. pemandangan Bromo gak kelihatan dari atas karena kabut terlalu tebal. yang aku khawatirkan di bawah hujan seperti dulu.

wah kayak gini bahaya banget turun, licn poool kan saat itu kayak ngelumut pula jalan turunnya. ban si akame pasti licin ini. ya sudah sampai sini ya nekat terjun tapi pelan-pelan. ya syukur ternyata gak terlalu licin, masih licinan pakai ban standard matic Vario 150! pelan-pelan masuk jalan dan turun ke bawah pemandangan indah yang sering aku katakan terlihat menghampar luas.


asli bro  Indah sekali, gak bakal nyesel kesini bolak balik, mata selalu di manjakan keindahan di Bromo ini. apalagi kebetulan sekali cuaca & situasinya sangat pas untuk di foto walau dari atas gak kelihatan.


bukit teletubis. memang mirip juga ya, tapi yang mobil berhenti gak di sini bukit teletubisnya, ada yang lain.



asssik banget di pandang mata suasananya. Alhamdulillah banget deh bisa pas kayak gini, gak bayak cing-cong foto-oto sepuasnya di sini tapi gak terlalu lama, teman-teman menunggu di sana.


keadaan saat mendung jadi agak gelap, tapi setelah ini mulai lebih terang kok, gak stabil cuacanya kadang terlalu mendung kadang cukup terang. asli enak banget situasi kayak gini, duduk-duduk sambil ngopi dan melihat pemandangan ini pasti mantep.



sayang gak bawa Nikon D7100 si adik yang wide angel lensanya. pasti bisa kena jepret semua nih bila bawa, gak sampai kurang lebar seperti ini.


sejuta pesona deh lewat jalur Malang ini, apalagi saat musim hujan begini. foto sudut manapun indah sekali!


jalanan menuju lautan pasi Bromo jalur Malang.  asli sahabat bikers sekalian, walaupu kalian tinggal di luar Jawa Timur datang kesini saat situasi kayak gini di jamin puas dan bisa menikmatinya! keindahan yang tak ternilai lagi. puas deh touring jauh-jauh melihat pemandangan seperti ini. soalnya naik motor lebih bisa foto-foto atau mengeksplor gak menutup jalan bila berhenti, bila naik mobil (sewa Hard Top) lebih baik bawa action cam saja, mobil jalan terus di perjalanan cuma bisa ngerekam. gak bisa berhenti atau foto-foto karena jalannya sempit takut menghalangi mobil lain yang lewat. 


awan tepat di atasku, pemandangan yang sangat ingin aku abadikan, beruntung sekali dapat menyimpannya di foto.




aliran sungai? bila hujan atau keluar lavanya mungkin lewat situ.


sejuuuuk broooo/sis. mantap jiwa luar biasa wkwkwkwkwkwk lebay mode.


huff mantap jiwa asli sahabat sekalian, pemadangan pas mantap gini bisa aku nikmati sambil bawa akame, kesempatan emas yang tak terlupakan. semoga tahun depan bisa kesini lagi dan bisa bawa moge hehehehehe amin ^_^.


oke lanut perjalanannya, gak lama-lama foto, kasian teman-teman nunggu di bawah dari sebelum subuh. aslinya aku bia lebih eksplor sebenarnya. 


lho kok warnanya beda bro yang di atas? iya, karena Mirrorless canon punyaku tone warna aku ubah. aku tinggikan tingkat  vivid gambarnya agar lebih nyaman lagi di pandang. kelebihan kameraku bila manual hasil gambarnya natural. apa yang kita lihat apa yang kita dapat, kadang pemandang bagus di mata dan di foto persis seperti itu tapi malah di lihat kurang mantap, jadi aku ubah saja warnaya biar lebih bagus walau naturalnya juga sangat bagus.



Udah deh gak bisa berkata-kata sahabat simpulkan sendiri pemandangannya. Benar-benar seperti masuk hidden world nih hehehehe.




Habis jalan aspal, kini lewat jalan jeblok atau becek. Ini yang paling aku takutkan. Harap-harap cemas jalannya aman untuk akame, tapi banyak yang tergenang air, untung gak nyangkut akame.


Asli saat itu pemandangan paling jelas tanpa kabut atau lainnya yang mengurangi jarak pandang. Endless beautiful pemandangannya musim hujan gini. Serba seger lihat kemanapun.


Ini terlihat jalannya berpasir jeblok dan pemandangan indah plus sport fairing, menandakan sport fairing bisa adventuran ke Brono hehehe.




Wadug gemuk bener aku di foto ini, asli fakta wkwkwkwk. Harus nurunin berat badan nih.


Ya puas foto-foto sini langsung gas poool ke lautan pasir yang licin nyari teman-teman RC25.


Akhirnya ketemu juga dengan teman-teman. Mereka lagi asik mainin motornya di pasir sambil menungguku. (Foto Vincent) salah satu bikers paling teladan dan bisa di contoh dalam berkomunitas.



Ada teman dari motor lain nih, gak lain Ninja FI. 



Selain ada Ninja FI juga ada CB150R, Xabre dan Ninja 250 karbu. Semuanya kompak gak ada masalah. Bukti ribut di internet cuma segelintir fansboy fanatik saja, atau keyboard warrior bayaran wkwkwkwk.


Pak Mul yang aku bahas dulu, beliau ini walau sudah berusia tapi urusan riding R25 gak kalah dengan yang masih muda. Kids jaman now pasti kaget lihat beliau saat riding. Pokoknya tanpa ampun wkwkwkwkwk.





Ada KLX150 punya teman-teman yang sengaja di bawa untuk di pakai gantian. R25 merah punya Mas Singgih Ketua RC25 saat ini. Orangnya asik abiz, baik, perhatian dll pokoknya mantep. Contoh bikers teladan di dalam komunitas.


Saat mereka asik main pasir aku foto-foto pemandangan dan teman-teman beraksi.




Aku kira ini MT, ternyata R25, keren aslinya kasi lampu bulat. Mungkin habis crash.



R25 stripping terbaru, tapi bikin sendiri warnanya. Mungkin aslinya warna biru biasa/movistar.


Foto bersama-sama sebelum lanjut.






Pasir tersapu angin terlihat seperti pasir mengalir.




Kawah gunung Bromo di lihat dari sebelah timur.


Awan masih menutupi gunung anakan Bromo di sebelah kawah. Masih sejuk dan asik suasananya.


Nyeruput kopi dulu sambil ngobrol dengan teman-teman sebelum lanjut. Teman-teman gak ada yang naik kawah karena sudah pada capek asik riding bersama dari saat petang sebelum subuh sampai siang.


Banyak pengunjung yang menyewa kuda untuk sekedar jalan-jalan. Asik nih suasana sejuk nan indah jalan-jalan sambil naik kuda.


Saat di bromo jelas ketemu macem-macem motor termasuk motor gaya klasik ini yang keren.





Anak siapa ini kok sendirian ya?





Suasananya masih gak berubah, asri, sejuk dan indah. Kali ini view paling joss hehehe.



Puas ngopi sambil istirahat kami langsung mau balik, sebelum itu foto-foto dulu. Nah motorku gak ikut jejer karena pas mau kejer kebelet ya menjauh dikit dengan beberapa teman. Akhirnya teman-teman jejer semua motorku aku biarin di belakang, tapi kelihatan asik kan hehehe.



View bromo setelah turun dari atas ke lautan pasir.







Orang jualan di sebelah jalan, disini juga ojek bagi yang gak kuat menanjak menunggu calon penumpang.


Jejer semua foto-foto sebelum lanjut pulang.


Hmm indah asli saat itu, syukur banget bisa gas kesana bersama teman-teman.

Awalnya takut jadi kebahagiaan, itulah yang aku rasakan. Takut karena licin dan bisa kebakar kampas koplingnya atau ambles kena lumpur di lautan pasir akhirnya tekad berangkat dan kepuasan yang aku rasakan akhirnya. Ya kalau kampas kebakar gak begitu takut karena hujan pasti mengeras pasienya. Takutnya ya ambles di lumpur kayak saudaraku dulu kesulitan lewat jalur Malang. Untungnya fine-fine aja hehehe. Banyak hal berkesan saat touring bersama. 

Salah satunya bukti kuat beda merk dan motor kompak. Saat salah satu teman terpleset di pasir dan jatuh, club Tiger, Vario, Mio dll di sebelahnya langsung gerak cepat menolongnya tanpa basa basi. Mereka asli sodara bukan musuh! Apalagi sering ketemu club lain ya saling sapa ramah. Banyak hal menarik berkesan disana yang tak terlupakan. Semoga lain waktu bisa touring bersama lagi. Sampai jumpa di perjalananku berikutnya. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: